Comments

Cara Cerdas Memilih Hard Disk Eksternal

Semakin kesini kebutuhan orang dalam menyimpan data semakin tinggi, dengan keterbatasan ruang penyimpanan data pada laptop atau PC membuat orang orang mencari data storage yang berkapasitas besar, Aman serta simple buat dibawa kemana mana. Kali ini SkyEpi akan membeberkan beberapa cara cerdas sebelum membeli HDD Eksternal.

1. Perhatikan MERK !!!!



    Bagi agan yang ingin membeli HDD utamakan pilih HDD yang sudah punya nama, Artinya pilih HDD yang mempunyai brand, mempunyai kualitas. Meskipun terlihat sepele tetapi sering kali hal hal kecil seperti ini bisa menimbulkan penyesalan di kemudian hari, untuk brand HDD ternama silahkan cari di mbah google aja y.

2. PC or MAC

    Perhatikan pula platform yang agan gunakan, apakah agan menggunakan PC atau MAC. Sebagai informasi saja bahwa MAC dan Windows menggunakan  (HFS+ dan NTFS) sehingga kebanyakan manufaktur juga membuat HDD eksternal khusus untuk kedua platform tersebut. Meskipun MAC OS dapat membaca HDD NTFS tapi agan tidak bisa menulis atau mengeditnya, jadi sesuaikan HDD dengan platform agan.

3. Kapasitas

    Hal ini berkaitan dengan kebutuhan agan, kalau misalkan agan seorang fotografer minimal HDD 1 Tb cukup, tetapi kalau hanya digunakan untuk menyimpan file file kecil rasanya 500 Gb sudah cukup. Kalau admin sendiri kan pecinta Anime, jadi minimal ya 1 Tb hh.

4. Kecepatan

    Kecepatan apaan nih? emang HDD juga ada kecepatannya? tentu ada dong, kecepatan yang dimaksud adalah kecepatan rotasi. semakin besar kecepatan rotasi maka semakin cepat pula dalam membaca serta mengolah file. Sebuah HardDisk yang berputar pada kecepatan 7200 RPM akan menyuguhkan performa yang jauh lebih baik ketimbang HardDisk 5400 RPM. Bahkan beberapa HardDisk terbaru saat ini sudah mampu berputar pada kecepatan 10.000 RPM.

5. Konektivitas

    Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah konektivitas atau bagaimana HDD tersebut terkoneksi dengan PC/Laptop. Apakah dengan USB 2.0 atau USB 3.0 yang jauh lebih cepat dari pada USB 2.0 (sekitar 480 MB berbanding 5.0 GB).
Terdapat juga HardDisk yang menggunakan koneksi lewat port thunderbolt yang mampu menghadirkan kecepatan data dua kali lebih cepat ketimbang USB 3.0. Semua laptop dan komputer terbaru dari Apple sudah menyediakan port thunderbolt, dan beberapa laptop Windows juga sudah mulai menyediakannya. Sayangnya, harga HardDisk dengan koneksi thunderbolt ini masih sangat mahal untuk saat sekarang ini.

6. HDD Encloure

    Selanjutnya adalah cover penutup HDD, hal ini juga tidak kalah penting karena semakin berkualitas cover maka semakin memperkecil resiko kerusakan, karena goresan misalnya. 

Mungkin itulah beberapa hal yang dijadikan pertimbangan sebelum membeli HDD, kalau ada tambahan silahkan komen.

1 komentar:

avatar
×

Mungkin kita perlu berhati-hati juga, dikarenakan saat ini beredar hardisk yang isinya hanya sebuah flashdisk dan 2 batang besi sebagai pemberat.

Simak video dibawah ini,

https://youtu.be/mxB7tgKgVRg