Comments

Merawat Komputer

 Bukan hanya tubuh saja yang memerlukan perawatan, tetapi komputer yang sering kita gunakan sehari hari juga harus di rawat. Dengan kita merawat komputer kita bisa mendapatkan performance serta pengalaman berkomputer yang nyaman (tanpa kurang suatu apa), akan tetapi banyak dari kita kita yang sering meremahkan hal hal kecil seperti berikut ini.

1. Rawat Body CPU

    Hal yang palig mendasar adalah merawat/ membersihkan body luar CPU, meskipun terlihat sepele tetapi terkadang kerusakan komputer bisa dikarenakan body komputer yang kotor yang kemudian menular kedalam jeroan komputer yang ahirnya menyebabkan komputer agan sekalian trouble.

2. Rawat Daleman Komputer

    Ingat ini daleman CPU lho ya (bukan daleman yang laen), setelah membersihkan body luar langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam atau biasa di sebut komponen komponen komputer. Langkah pertama pastikan komponen CPU terbebas dari debu, (termasuk membersihkan keyboard) setelah itu cek apakah semua komponen berjalan normal, seperti kipas, ram dll. Untuk langkah yang ini cukup 2 minggu sekali (tergantung tingkat polusi di rumah agan).

3. Rawat Software Komputer

   Tak cukup hanya membersihkan jasmaninya saja, tetapi rohaninya juga harus ikut dibersihkan. Mulai dari Uninstall aplikasi sampah (aplikasi yang tidak penting), Defrag HDD, bersihkan registry, serta scan komputer agar terbebas dari firus yang terkutuk.

4. Perhatikan Gizi Yang Masuk
   Gizi disini adalah arus listrik, sesuaikan arus listrik dengan kebutuhan CPU jangan sampai kurang ataupun lebih, Karena kalau tidak stabil bisa dipastikan umur komputer agan tidak akan bertahan lama. Untuk mengatasi hal ini agan bisa memakai UPS serta PowerSuplay.

5. Perawatan Khusus
    Beberapa komponen berikut butuh perawatan khusus supaya tetap onfire serta memaksimalkan kinerja komputer.

A. RAM
    RAM bertugas untuk membufer aplikasiyanghendak kita jalankan, oleh karena itu perlu penanganan khusus. Siapkan penghapus pensil dan vacum cleaner, matikan komputer, cabut semua sumber listrik, setelah itu cabut ram dan bersihkan dengan penghapus pensil (gosok pada bagian yang biasanya menancap), setelah itu baru bersihkan motherboard dan pasang lagi RAM nya. Enak kan.

Itu beberapa hal yang sering kita sepelekan dalam merawat komputer, tapi yang paling dasar adalah perhatikan tata letak serta sirkulasi udara di ruangan CPU berada. Pastikan sirkulasi udaranya baik. Cukup sekian semoga membantu,,,